Being Cheated on: Lanjut atau Putus?

broken heart hanging on wire

Pada beberapa platform media sosial akhir-akhir ini muncul topik yang sedang tren terkait perselingkuhan yang dilakukan oleh pasangan dari Youtuber wanita tanah air. Jika dibaca beritanya, mungkin rasanya ikut kesal dan marah terhadap mantan kekasihnya ya, Teman Healing. Hubungan yang sudah lama dijalankan selama bertahun-tahun bisa retak hanya karena kehadiran orang ketiga dalam hubungan tersebut. Perselingkuhan merupakan tindakan yang dirasakan dan dialami sebagai pengkhianatan yang menyakitkan dari suatu kepercayaan dan ancaman dalam suatu hubungan. Perselingkuhan dapat terjadi karena adanya orang ketiga yang ikut masuk ke dalam hubungan sepasang kekasih sehingga menjadi berkhianat atas komitmen atau kesetiaan pada hubungan yang dijalin. 

Perselingkuhan yang terjadi pada pasangan yang menjalani hubungan romantis dapat berdampak buruk bagi pihak yang diselingkuhi. Beberapa dampak buruk yang terjadi akibat pasangan yang selingkuh ialah: 

  1. Hilangnya kepercayaan diri.
  2. Hilangnya kepercayaan terhadap pasangan.
  3. Memicu kekerasan psikis atau fisik antar pasangan.

Bahkan, dampak yang lebih parah bisa muncul, seperti tindakan kriminal yang dilakukan oleh pasangan yang diselingkuhi untuk mengungkapkan amarah dan kecemburuannya.

Rasanya, pasangan yang ketahuan berselingkuh tidak akan dapat dimaafkan. Sebab ia telah merusak kepercayaan yang terjalin antara kedua belah pihak pasangan tersebut. Selain itu, perselingkuhan yang terjadi juga telah membuat retak kesetiaan yang terjalin antara kedua kekasih tersebut. Maka, mungkin akan sulit bagi pihak yang diselingkuhi untuk sepenuhnya memaafkan pasangannya yang sudah berselingkuh.

Tentu kecewa, sedih, marah, dan perasaan kesal lainnya akan bercampur aduk menjadi satu ketika menjadi pihak yang dikhianati. Namun, bukan berarti pihak tersebut tidak dapat berdamai dengan keadaan ya, Teman Healing. Untuk berdamai dengan keadaan tentu membutuhkan waktu dan dorongan dari dalam maupun luar diri sendiri. Berikut kami berikan kiat-kiat apa saja yang dapat dilakukan agar seseorang bisa lebih pulih setelah diselingkuhi: 

  1. Deal with your grief

Cobalah untuk berdamai dengan rasa sedih yang dialami. Terimalah luka yang ada, dan biarkan dirimu merasakan luka tersebut sampai kamu merasa lebih baik dan lebih bisa menerima luka tersebut menjadi bagian dari cerita masa lalumu. Tanamkan perlahan dalam pikiranmu bahwa tidak semua orang yang akan menjadi pasanganmu kelak melakukan hal yang sama seperti orang yang telah melukaimu.

  1. Talk it out

Bicaralah pada orang yang kamu percaya. Ceritakanlah bagaimana perasaanmu kepada mereka yang tulus mendengar dan bisa memberimu dukungan dalam melewati permasalahan yang kamu alami. Pun jika perlu, maka temuilah konselor atau terapis agar dapat membantu menangani masalahmu secara profesional.

  1. Rebalance the positives and negatives

Pikirkan kembali sisi positif maupun negatif ketika kamu masih menjalin hubungan dengan pasanganmu. Dalam realitanya, tentu tidak ada pasangan serta hubungan yang sempurna. Semua pasti pernah melewati fase up and down nya masing-masing. Setelah kamu merenungkan kembali tentang hal tadi, maka cobalah untuk pertimbangkan kembali terkait hubungan yang sedang kamu jalani, terlebih jika pasanganmu pernah berselingkuh darimu.

  1. Prioritise self-care

Tidak apa-apa untuk merasakan perasaan campur aduk seperti marah, kesal, bingung, sedih, dan sebagainya setelah pasanganmu mengkhianatimu. Lalu, cobalah gunakan kesempatan ini untuk lebih fokus pada dirimu. Lakukan hal-hal yang membuatmu senang, misalnya sesederhana berjalan-jalan di taman, makan makanan yang enak, menonton film yang lucu, dan lain sebagainya. Selain itu, coba lakukan juga kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas dirimu, seperti journaling, berolahraga, memasak, dan hal-hal lainnya yang dapat membuatmu berkembang.

  1. Communicate

Memang akan membutuhkan waktu untuk mulai membuka lembaran baru dalam sebuah hubungan setelah dikhianati. Maka, ketika waktu itu tiba, komunikasikanlah dengan jelas kepada pasanganmu terkait hal-hal apa saja yang penting dalam suatu hubungan berdasarkan pengalaman yang kamu miliki. Perjelas apa saja yang menurutmu harus dilakukan dan apa saja yang tidak bisa diterima dalam suatu hubungan. 

Menjalani hubungan dengan pasangan pasti memiliki kisah pasang surut yang berbeda-beda pada tiap-tiap orang. Kisah orang lain pun tidak dapat kita pukul rata dengan kisah yang kita miliki. Tetap jaga hubungan yang sedang dijalani sekarang dengan memupuk kepercayaan di antara dua pihak.

Namun jika memang sudah tidak dapat dipertahankan lagi, terlebih karena pasangan kita yang berkhianat, bukan berarti kita sudah gagal menjaga hubungan kita. Cobalah untuk berpikir bahwa hal tersebut dapat kita jadikan pelajaran untuk kita kedepannya sebaiknya menjadi seperti apa ketika akan membuka lembaran baru dalam suatu hubungan. Beri jeda sejenak pada diri kita untuk kemudian siap membuka lembaran baru kembali. Because we matter and we deserve someone better.

Penulis: Labibah Huwaida & Putri A.

Sumber :

Irawan, M. N. S. (2018). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Intensi Berselingkuh Pada Individu Dewasa Awal Yang Sudah Menikah (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Veyanti, T. (2016). Pemaafan Pada Istri Sebagai Upaya Mengembalikan Keutuhan Rumah Tangga Akibat Perselingkuhan Suami (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Ally Head. (2021). How to cope with being cheated on: 13 expert tips for managing if your partner is unfaithful. (https://www.marieclaire.co.uk/life/sex-and-relationships/how-to-cope-with-being-cheated-on-715833). Diakses pada 24 November 2021.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
💬 Ada yang bisa kami bantu kak?
Hi Kak👋
Ada yang bisa kami bantu?